3 Jenis Nazhir

3 Jenis Nazhir

By

Biasanya kita sering mendengar lembaga yang mengelola dan mengembangkan aset wakaf yang disebut dengan nazhir. Nah, nazhir jenis ini merupakan nazhir badan hukum. Dan taukah kamu ternyata masih ada dua jenis nazhir lainnya. Sama seperti wakif, nazhir juga ada tiga jenis yaitu, nazhir perorangan, organisasi dan badan hukum.

Yang disebut dengan nazhir perseorangan tercantum didalam pasal 10 ayat 1 Undang-Undang tentang Wakaf yaitu, apabila memenuhi persyaratan warga negara Indonesia, beragama Islam, dewasa, amanah, mampu secara jasmani dan rohani serta tidak terhalang melakukan perbuatan hukum.

Kemudian, yang dapat menjadi nazhir organisasi apabila memenuhi persyaratan yaitu, pengurus organisasi yang bersangkutan memenuhi persyaratan nazhir perseorangan dan organisasi bergerak dibidang sosial, pendidikan, kemasyarakatan dan/ atau keagamaan islam.

Untuk nahir badan hukum juga mesti memenuhi persyaratan yaitu, pengurus badan hukum yang bersangkutan memenuhi persyaratan nazhir perseorangan. Badan hukum yang dibentuk sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Kemudian, badan hukum yang berlaku bergerak dibidang sosial, pendidikan, kemasyarakatan, dan/ atau kegamaan Islam.

1 Comment
  1. […] nazhir pengganti dapat dilakukan apabila nazhir dari benda wakaf berhenti dari kedudukan karena beberapa […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru