Apa Itu Wakaf? (1) - WAKAF AR RISALAH
Apa Itu Wakaf? (1)

Apa Itu Wakaf? (1)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah atau sering mendengar kata wakaf. Misalkan nih, “Tanah ini diwakafkan” atau “Masjid ini wakaf dari fulan”. Bahkan ketika membaca Al Qur’an, kita juga akan menemui kata wakaf.

Dari beberapa contoh yang kita temui tersebut, sebenarnya apa sih itu wakaf? Nah, Menurut bahasa, wakaf berasal dari perkataan Arab yaitu “Waqf” yang bermakna “Al-Habs”, artinya menahan. Ia merupakan kata yang berbentuk masdar (infinitive noun) yang pada dasarnya berarti menahan, berhenti, atau diam. Apabila kata tersebut dihubungkan dengan harta seperti tanah, binatang dan yang lain. Ia berarti pembekuan hak milik untuk faedah tertentu (Ibnu Manzhur: 9/359).

Kemudian, Menurut jumhur ulama, wakaf adalah menahan harta yang memungkinkan diambil manfaatnya, tetap ‘ainnya, dibelanjakan oleh wakif (orang berwakaf) untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Dan jika kita merujuk pada undang-undang no. 41 tahun 2004 tentang wakaf, pasal 1 menjelaskan bahwasanya wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Berita lainya