Apa Itu Wakaf Uang? (3)

Apa Itu Wakaf Uang? (3)

By

Selain pendapat Imam al-Zuhri, ada beberapa pendapat ulama lagi yang memperkuat fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 2002 lalu tentang wakaf uang. Yaitu mutaqaddimin dari ulaman mazhab Hanafi (lihat Wahbah al-Zuhaili, al Fiqh al-Islam wa Adillatuhu, [Damsyiq: Dar al-Fikr, 1985], juz VIII, h. 162).

Ulaman Mazhab Hanafi membolehkan wakaf uang dinar dan dirham sebagai pengecualian, atas dasar Istihsan bi al-‘Urfi. Kemudian, berdasarkan atsar Abdullah bin Mas’ud r.a: “Apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin maka dalam pandangan Allah adalah baik, dan apa yang dipandang buruk oleh kaum muslimin maka dalam pandangan Allah pun buruk”.

Kemudian pendapat sebagian ulama mazhab al-Syafi’i: “Abu Tsyar meriwayatkan dari Imam al-Syafi’i tentang kebolehan wakaf dinar dan dirham (uang)”. (al-Mawardi, al-Hawi al-Kabir, tahqiq Dr. Mahmud Mathraji, [Beirut: Dar al-Fikr,1994[, juz IX,m h. 379).

2 Comments
  1. […] Jenderal atas nama Menteri Agama. Pengawasan ini diarahken kepada Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) yang merupakan badan hukum Indonesia yang bergerak dibidang keuangan […]

  2. […] pelaporan wakaf uang dari Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) diterima oleh Direktur Jenderal. Maka, selanjutnya Menteri Agama melakukan peningkatan […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru