Benda Bergerak Yang Bisa Di Wakafkan Berupa Uang

Benda Bergerak Yang Bisa Di Wakafkan Berupa Uang

By

Salah satu benda bergerak yang dapat diwakafkan adalah uang. Untuk di Indonesia sendiri uang yang dapat diwakafkan berupa mata uang rupiah. Jika mata uangnya masih dalam bentuk asing, maka mesti dikonversikan terlebih dahulu ke rupiah sebelum diwakafkan.

Wakif yang akan mewakafkan uangnya diwajibkan untuk hadir di Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) untuk menyatakan kehendak wakaf uangnya. Jika tidak dapat hadir maka ia dapat menunjuk wakil atau kuasanya untuk datang ke LKS-PWU.

Selain itu, ia diminta untuk menjelaskan kepemilikan dan asal-usul uang yang akan diwakafkan, menyetorkan secara tunai sejumlah uang ke LKS-PWU. Ia juga diminta mengisi formulir pernyataan kehendak wakif yang berfungsi sebagai Akta Ikrar Wakaf (AIW). Kemudian, wakif dapat menyatakan ikrar wakaf benda bergerak berupa uang kepada nazhir dihadapan Pejabat Pembuat Akta ikrar Wakaf (PPAIW). Setelah itu Nazhir menyerahkan AIW kepada LKS-PWU.

1 Comment
  1. […] tertulis kepada Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU). Hal ini dilakukan jika LKS-PWU tidak menjalankan kewajibannya. Peringatan tertulis tersebut diberikan paling banyak tiga kali […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru