Berkah Ramadhan dengan Berwakaf

By

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, yang mana dibulan ini Allah SWT memberkahi segala amal ibadah kita. Selain itu juga dihapuskan segala dosa, dan dikabulkan semua ampunan serta permohonan, kemudian perbuatan baik dalam bentuk ibadah maupun amal sedekah.

Dalam Hadits Riwayat Thabrani dari Ubadah bin Ash-Shamit, Rasulullah SAW bersabda telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan. Allah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa, dan mengabulkan doa. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya. Maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini.”

Ramadhan yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah bulan berkah atau az-ziyadah minal khair wal karamah, yaitu kebaikan dan kemulian bertambah-tambah atau berlipat. Kita pada bulan ini kita berpuasa, shalat tarawih, tadarus Al Qur’an, dipenghujung bulan ini juga menunaikan zakat serta memperbanyak sedekah

Untuk lebih melengkapi amalan tadi, kita perlu menunaikan wakaf. Karena dengan berwakaf kita telah memindahkan kepemilikan harta dan “meminjamkan” harta tersebut kepada ALlah, sebagaimana didalam firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Hadid ayat 11 “Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak”. Dengan begitu tentu di Ramdhan ini wakaf akan memberikan kelengkapan amalan bagi kita, karena wakaf ini merupakan sedekah istimewa yang mana kita mendapatkan pahala terus menerus dari Allah SWT di dunia dan akhirat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru