BPW Ar Risalah Bakal Terima Wakaf Uang

BPW Ar Risalah Bakal Terima Wakaf Uang

By

Jakarta, WaqafArrisalah – Ketua Badan Pengelola (BPW) Ar Risalah Padang, H. Mulyadi Muslim, Lc, MA didampingi seketaris Yayasan Waqaf Ar Risalah H. Firman Bahar dan beberapa Alumni Ar Risalah ingin menyegerakan legalisasi pengumpulan wakaf. Rabu (20/3) mereka secara bersama berada di Jakarta untuk menyelesaikan persoalan itu.

Mulyadi Muslim menyebutkan, mereka mempresentasikan sejarah yayasan dan latar belakang pendaftaran BPW Ar Risalah kepada pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI). Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Baitul Quran Taman Mini Indonesia Indah. Perwakilan Ar Risalah ditemui Ketua Bidang Pemberdayaan dan Bazhir Wakaf BWI Hendri Tanjung dan Ahmad Nizar (sekretariat).

“Ar Risalah Padang sejak dari awal berdiri mengukuhkan diri sebagai lembaga wakaf. Di usia yang ke-15 tahun telah mengelola asset wakaf dalam bentuk tanah dan gedung yang cukup besar. Juga sudah melahirkan Alumni yang tersebar di perguruan tinggi favorit dalam dan luar negeri,” sebut Mulyadi Muslim yang juga Sekretaris MUI Kota Padang.

Menurutnya, selama ini wakaf yang diterima oleh Ar Risalah adalah dalam bentuk tanah atau barang. Saat ini, terbuka kesempatan untuk menerima wakaf uang. Penggalangan dana dalam bentuk wakaf uang nantinya ditargetkan untuk pembangunan gedung Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Ar Risalah, asrama dan beasiswa tahfidz untuk siswa berprestasi.

“Kami datang ke Jakarta untuk tujuan wakaf uang ini. Pendaftaran BPW Ar Risalah Padang ke BWI Pusat dalam rangka memenuhi persyaratan Undang Undang 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Juga sebagai bentuk profosionalisme lembaga dalam pemgumpulan wakaf ke depannya,” sebut ketua Pengurus Masjid Nurul Iman Padang ini.

Seperti diketahui, sesuai UU Wakaf, uang yang dapat diwakafkan adalah berupa mata uang rupiah. Jika uang yang akan diwakafkan masih dalam bentuk uang asing, maka harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam rupiah. (PP No.42/2006, pasal 22 ayat 1,2).

Sementara itu, BWI Pusat menargetkan rapat pleno dalam waktu dua minggu ke depan untuk membahas. Dan juga menindaklanjuti permohonan dari BPW Ar Risalah Padang. “Pandaftaran telah kami terima dan akan ditindaklanjuti,” kata Hendri Tanjung.

 

2 Comments
  1. mira 7 months ago
    Reply

    alhamdulillah ….

    • Ilham 7 months ago
      Reply

      Alhamdulillah

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru