BPW Ar Risalah Sukses Gelar Wakaf Expo 2022

Share Berita:

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Alhamdulillah berkat kerjasama antar panitia yang tergabung, wakaf expo 2022 BPW sukses diselenggarakan. Dalam rangkaian kegiatan ini, BPW Ar Risalah menggandeng Badan Wakaf Indonesia (BWI) Pusat, Komite Daerah Ekonomi Syariah (KDEKS) dan juga beberapa lembaga keuangan syariah lainnya untuk me-suport suksesnya wakaf expo 2022.

Wakaf expo 2022 yang berlangsung selama enam hari ini mengusung tema “Maksimalkan Potensi wakaf untuk Kemaslahatan Umat”, dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya Seminar wakaf; Pelatihan dan Sertifikasi Nazhir; Lomba Pidato; Pameran Produk Wakaf dan Bazar dan Tabligh Akbar.

Rangkaian wakaf expo 2022 ini diawali dengan mengadakan Seminar Wakaf yang diadakan pada 21/09/22 dan diakhiri dengan Assesment Sertifikasi Nazhir pada Minggu,02/10/22 kemarin yang diikuti sebanyakn 36 peserta (Asesi) pegiat wakaf di Sumatera, seperti dari Aceh, Riau, Bengkulu, Sumbar, dan beberapa daerah lainnya.

“Potensi wakaf harus dikelola dengan baik dan profesional. Agar tujuan dari wakaf tersebut bisa tercapai tentunya dibutuhkan tenaga pengelola yang berkompeten. Hal inilah yang menjadi latar belakang BPW Ar Risalah mengangkat pelatihan dan sertifikasi nazhir.” Jelas Ustadz H. Firman Bahar, Lc selaku Ketua BPW Ar Risalah.

Pelatihan dan sertifikasi yang diadakan merupakan Skema 2 dengan subtopik Pelaksanaan Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf.

Untuk menguji para peserta Sertifikasi, BWI mengutus sembilan orang assesor mampuni yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. “Untuk tim assesor, kita memberdayakan nazhir yang ada di Sumatera Barat. Sementara dari BWI pusat kita hanya turunkan dua orang. Bentuk kegiatan ujian berbentuk demonstrasi pengelolaan wakaf, ujian tertulis, dan wawancara. Dalam sertifikasi ini akan diumumkan siapa nazhir yang kompeten atau belum kompeten. Tapi kita berharap semuanya lulus,” terang Ketua Lembaga Sertifikasi dan Pelatihan Wakaf BWI pusat, Prof. Dr. Nurul Huda, dalam sambutan pembukaan assesmen di ruangan Aual SMP Pi Perguruan Islam Ar Risalah.

Pelatihan dan sertifikasi ini diadakan di Komplek Perguruan Islam Ar Risalah, hal ini juga sekaligus menjadi momentum untuk menunjukan kepada peserta pelatihan dan sertifikasi nazhir aset wakaf yang dikelola oleh Ar Riaslah. “Dilaksanakan di komplek Ar Risalah, salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan langsung ekosistem ekonomi syariah berbasis wakaf,” ungkap Ketua Yayasan Waqaf Ar Risalah, Ustadz Arwim Al Ibrahimi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainya

Waqaf Arrisalah