Dalam Proses Wakaf

Dalam Proses Wakaf

By

Didalam proses wakaf terdapat banyak pihak yang dilibatkan beserta kelengkapannya. Selain wakif atau orang yang berwakaf dan nazhir orang yang menerima serta mengelola harta benda wakaf, terdapat juga unsur lainnya.

Pihak atau unsur tersebut diantaranya harta benda yang diwakafkan, ikrar wakaf, Pejabat Pembuat Ikrar Akta Wakaf (PPAIW), Badan Wakaf Indonesia (BWI). Selanjutnya juga terdapat menteri agama yang bertanggung jawab dibidang agama. Kemudian, juga terdapat  Mauquf Alaih atau pihak yang ditunjuk untuk memperoleh manfaat dari peruntukan harta benda wakaf. Tentunya sesuai pernyataan kehendak wakif yang dituangkan dalam akta ikrar wakaf.

Ketika berwakaf, terdapat juga sertifikat wakaf uang atau surat bukti  yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan syariah, kepada wakif dan nazhir tentang penyerahan wakaf uang. Lembaga keuangan syariah atau LKS adalah badan hukum yang Indonesia yang bergerak dibidang keuangan syariah. Bank Syariah atau bank umum syariah, unit usaha syariah dari bank umum konvensional serta bank perkreditan rakyat syariah. Serta kepala kantor urusan agama (KUA) atau pejabat departemen agama yang membidangi urusan agama Islam di tingkat kecamatan.

2 Comments
  1. […] wakif dan nazhir, didalam proses wakaf juga terdapat harta benda wakaf yang merupakan salah satu unsur yang harus dipenuhi. Harta […]

  2. […] bentuk khusus yaitu sedekah jariah yang mana jenis ini adalah sedekah yang diperoleh dari hasil proses wakaf. Pahala wakaf ini tidak putus bahkan sesudah orang yang memberikan wakaf tersebut meninggal […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru