Digantinya Nazhir Wakaf

Digantinya Nazhir Wakaf

By

Dalam mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf, nazhir dapat diberhentikan dan diganti dengan yang lain. Pemberhentian nazhir ini dilaksanakan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang merupakan lembaga independen untuk mengembangkan perwakafan di Indonesia.

Untuk nazhir perseorangan, pemberhentiannya dapat dilakukan jika ia meninggal dunia dan juga dapat atas permintaan sendiri. Sedangkan nazhir organisasi atau badan hukum, pemberhentiannya dapat dilakukan jika organisasi tersebut bubar atau dibubarkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian, nazhir dapat diberhentikan jika tidak melaksanakan tugasnya atau melanggar ketentuan larangan dalam pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf. Selain itu dapat diberhentikan, jika nazhir dijatuhi hukuman pidana oleh pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Disamping itu pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf yang dilakukan oleh nazhir karena pemberhentian dan penggantian nazhir,. Hal tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan peruntukan harta benda wakaf yang ditetapkan dan tujuan serta fungsi wakaf.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru

Sahabat Waqaf

Halo Sahabat waqaf, chat kami untuk info layanan donasi dan waqaf selengkapnya

Customer Service

Rhozy

Online

RhozyKami siap membantu donasi waqaf anda

Assalamualaikum.. Ada yang bisa saya bantu? 00.00