Gaya Hidup Berwakaf

By

Wakaf merupakan salah satu dari dua instrumen penting untuk memberdayakan potensi ekonomi kaum muslimin yaitu zakat dan wakaf. Bedanya zakat hukumnya wajib dan masuk ke dalam rukun Islam, sedangkan wakaf adalah sunnah muakad yang merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Oleh karena itu, dulunya para sahabat Rasulullah berlomba-lomba untuk berwakaf karena dapat membangun perekonomian kaum muslimin. Tidak heran Islam pernah menguasai hingga sepertiga dunia dan menjadi negara adidaya. Karena sejak zaman Rasulullah para sahabat telah menjadikan wakaf sebagai gaya hidup sehari-hari.

Contoh-contoh wakaf para sahabat Rasulullah banyak kita temukan dalam literatur fiqih atau sejarah peradaban Islam, Misalnya Masjid Nabawi di Madinah, kemudian Abu Thalhah RA yang mewakafkan perkebunan Bairuha, Sumur Ustman bin Affan, Umar bin Khatab RA juga mewakafkan tanahnya di Khaibar dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Mereka berlomba-lomba mewakafkan harta terbaiknya untuk kepentingan umum. Oleh sebab itu, jika hari ini gaya hidup berwakaf dapat menjadi budaya, maka permasalahan ekonomi umat bisa diseleseikan. Karena wakaf tidak hanya disatu bidang saja, melainkan diseluruh lini kehidupan, baik itu disosial, pendidikan dan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru