Istimewanya Wakaf

Istimewanya Wakaf

By

Wakaf mempunyai keistimewaan, diantaranya pahala wakaf terus mengalir meskipun wakif atau orang yang berwakaf meninggal dunia sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya” (Hadist Riwayat Muslim). Sehingga manfaat wakaf bisa digunakan jangka panjang dan tidak terputus dari generasi ke generasi.

Selain itu, pahalanya mengalir terus dan berlipat, meskipun wakif atau orang yang mewakafkan harta bendanya sudah meninggal dunia. Kemudian, harta benda wakaf tersebut tetap terpelihara dan tidak bisa hilang atau dipindahkan tangankan. Karena harta benda wakaf tidak boleh dijual, diwariskan atau dihibahkan.

Ketika dalam proses wakaf nantinya juga meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. Diantaranya para pencari pekerjaan, penuntut ilmu dan lainnya, karena harta benda wakaf yang diperuntukan untuk umat atau kepentingan bersama. Wakaf juga terus memajukan dakwah Islam, lembaga sosial dan tentunya membangun peradaban.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru