Kebaikan yang Mengalir

Kebaikan yang Mengalir

By

“Sungai”, ketika mendengarkan kata ini, yang terbayang dalam pikiran kita adalah air mengalir dari hulu ke muara. Didalam perjalanannya menuju muara, air sungai bertemu dengan banyak hal. Diantaranya singgah sebentar disawah untuk menyejukkan padi dan tumbuhan. Lalu memutar arah ke kolam ikan untuk sumber mata pencaharian masyarakat, menghidupkan turbin untuk menerangi rumah-rumah dan banyak lainnya.

Nah, dari sungai tadi kita mendapatkan suatu kesimpulan, bahwasanya sungai mempunyai manfaat yang sangat banyak. Dan manfaatnya  dapat dirasakan oleh lingkungan disekitar sungai. Kalau kita hubungkan kedalam kehidupan sehari-hari, ternyata ada suatu aktivitas yang sama miripnya dengan sungai tadi. Hal tersebut adalah Wakaf.

Lalu, ada apa dengan wakaf? Kenapa bisa seperti sungai? Jawabannya adalah wakaf merupakan salah satu bentuk kebaikan yang mengalir. Karena saat kita berwakaf, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh wakif dan nazhir saja, akan tetapi juga dirasakan oleh setiap orang yang tersentuh proses wakaf. Diantara manfaatnya adalah menggerakkan perekonomian, menjadi motor pertumbuhan peradaban dan lainnya. Hal ini disebabkan wakaf berfungsi untuk kemaslahatan umat atau orang banyak.

Selain banyaknya manfaat wakaf seperti sungai tadi, kebaikan wakaf akan terus mengalir didalam setiap proses wakaf, meskipun wakif tersebut telah meninggal dunia. Karena wakaf merupakan salah satu amal jariyah, yang mana meski telah meninggal dunia, pahalanya akan terus mengalir selama aset wakaf tersebut digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru