Manfaat Wakaf Dunia dan Akhirat

By

Jika berbicara tentang wakaf, maka yang biasanya terbayang adalah memberikan sedekah kepada kaum dhuafa atau anak yatim. Padahal, wakaf jauh lebih luas daripada hal tersebut. Wakaf dapat bermanfaat tidak hanya bagi kaum dhuafa atau anak yatim, tapi spektrumnya untuk semua golongan ekonomi. Tidak salah, jika wakaf yang manfaatnya tidak terbatas disebut sebagai sarana ekonomi untuk pembangunan umat.

Manfaat wakaf akan dirasakan oleh orang yang berwakaf, yang mengelola wakaf dan menerima wakaf, kemudian manfaat tersebut tidak hanya didapatkan ketika masih hidup namun akan terus mengalir meskipun orang yang berwakaf tersebut telah menerus dan ini merupakan manfaat wakaf yang bersifat terus menerus, karena harta yang diwakafkan tidak boleh habis/ dijual.

Kemudian, wakaf bermanfaat bagi si pewakaf/wakif dalam kehidupan dunia dan akhirat, makanya tidak mengherankan lagi sejak zaman Rasulullah, wakaf telah menjadikegemaran para sahabat. Bahkan, dalam riwayat disebutkan jika seorang sahabat Rasulullah memiliki harta, pasti yang ia lakukan dengan harta itu untuk mewakafkannya, jadi berwakaf dapat bermanfaat didunia dan diakhirat.

2 Comments
  1. […] yang diwakafkan bisa menghasilkan pemasukan atau penghasilan yang berkelanjutan. Maka dari itu manfaat wakaf tersebut bisa dirasakan dari generasi ke generasi dan jangka […]

  2. […] satu tabungan yang kita dapatkan didunia dan akhirat adalah wakaf, karena wakaf pahalanya akan terus mengalir selama harta benda yang diwakafkan […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru