Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW)

Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW)

By

Akta Ikrar Wakaf (AIW) adalah bukti pernyataan kehendak wakif untuk mewakafkan harta benda milknya. AIW digunakan nazhir untuk mengelola harta benda wakaf sesuai dengan peruntukan yang dituangkan dalam bentuk akta. Untuk pembuatan AIW nantinya akan diproses oleh Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) setelah adanya ikrar wakaf, yaitu pernyataan kehendak wakif yang diucapkan secara lisan atau tulisan kepada nazhir untuk mewakafkan harta benda miliknya.

Pembuatan AIW benda tidak bergerak, wajib memenuhi persyaratan dengan menyerahkan sertifikat hak atas tanah atau sertifikat satuan rumah susun yang bersangkutan atau tanda bukti pemilikan tanah lainnya. Sedangkan benda bergerak selain uang, pembuatan AIWnya wajib memenuhi persyaratan dengan menyerahkan bukti pemilikan benda bergerak selain uang.

AIW nantinya akan memuat nama dan identitas wakif, nama dan identitas nazhir, data dan keterangan harta benda wakaf. Selain itu, peruntukan harta benda wakaf serta jangka waktu wakaf juga terdapat didalamnya. Untuk proses pembuatan AIW sendirinya, semuanya mengacu kepada dengan Peraturan Pemerintah.

1 Comment
  1. […] aset wakaf. Karena dengan membuat berita acara serah terima paling lambat pada saat penandatanganan Akta Ikrar Wakaf (AIW) yang diselenggarakan dalam Majelis Ikrar […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru