Pendaftaran Harta Benda Wakaf Bergerak Selain Uang

Pendaftaran Harta Benda Wakaf Bergerak Selain Uang

By

Untuk Pendaftaran harta benda wakaf benda bergerak selain uang, Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) mendaftarkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) yang terdaftar maupun tidak. Pendaftaran tersebut dilakukan di intansi terkait dalam urusan perwakafan. Kemudian untuk yang tidak terdaftar dan yang memiliki atau tidak memiliki tanda bukti pembelian atau bukti pembayaran didaftar Badan Wakaf Indonesia (BWI). Maka pendaftaran tersebut dilakukan di Kantor Departemen Agama setempat. begitu juga dengan daerah yang belum dibentuk BWI,

Kemudian, jika wakaf benda bergerak tersebut sudah terdaftar. Maka wakif menyerahkan tanda bukti kepemilikan benda bergerak kepada PPAIW. Hal itu disertai dengan surat keterangan pendaftaran dari instansi terkait, yang tugas pokoknya mengurus pendaftaran benda bergerak tersebut.

Selanjutnya, jika benda bergerak tersebut tidak tidak terdaftar. Maka wakif mesti menyerahkan tanda bukti pembelian atau tanda bukti pembayaran berupa faktur, kwitansi atau bukti lainnya. Namun, jika tidak punya bukti pembayaran atau pembelian. Maka wakif mesti membuat surat pernyataan kepemilikan atas benda bergerak tersebut. Dan yang paling penting surat tersebut diketahui oleh dua orang saksi dan dikuatkan oleh instansi pemerintah setempat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru