Pendaftaran Harta Benda Wakaf Tidak Bergerak

Pendaftaran Harta Benda Wakaf Tidak Bergerak

By

Pendaftaran harta benda wakaf tidak bergerak berupa tanah dilaksanakan berdasarkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) atau Akta Pengganti Akta Ikrar Wakaf (APAIW). Persyaratan yang mesti dilampirkan saat pendaftaran adalah sertifikat hak atas tanah atau sertifikat hak milik. Atau bisa juga sertifikat satuan rumah susun yang bersangkutan atau tanda bukti pemilikan tanah lainnya.

Selain itu juga harus melampirkan surat pernyataan dari yang bersangkutan bahwa tanahnya tidak dalam sengketa, perkara, sitaan dan tidak dijaminkan. Surat tersebut mestidiketahui oleh kepala desa atau iuran atau sebutan lain yang setingkat, yang diperkuat oleh camat setempat.

Kemudian, izin dari pejabat yang berwenang sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang diperoleh dari instansi pemerintahan, pemerintah daerah BUMN/ BUMD dan pemerintahan desa atau sebutan lain yang setingkat dengan itu. Izin dari pejabat bidang pertanahan apabila dalam sertifikat dan keputusan pemberian haknya diperlukan izin pelepasan peralihan. Dan izin dari pemegang hak pengelolaan atau hak milik dalam hal hak guna bangunan. Atau bisa juga hak pakai yang diwakafkan diatas hak pengelolaan atau hak milik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru