Pendaftaran Sertifikat Tanah Wakaf

Pendaftaran Sertifikat Tanah Wakaf

By

Pendaftaran sertifikat tanah wakaf dilakukan berdasarkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) atau Akta Pengganti Akta Ikrar Wakaf (APAIW). Untuk tanah yang sudah berstatus hak milik didaftarkan menjadi tanah wakaf. Tanah tersebut dibuat atas nama nazhir, begitu juga dengan tanah negara yang diatasnya berdiri bangunan masjid, mushala dan makam.

Untuk hak guna bangunan, hak guna usaha atau hak pakai diatas tanah negara, yang telah mendapatkan persetujuan pelepasan hak dari pejabat yang berwenang dibidang pertanahan. Tanah yang belum berstatus hak milik yang berasal dari tanah milik adat. Itu semua didaftarkan atas nama nazhir.

Kemudian, tanah hak milik yang diwakafkan hanya sebagian dari luas keseluruhan harus dilakukan pemecahan sertifikat hak milik terlebih dahulu. Setelah itu baru didaftarkan atas nama nazhir. Pejabat yang berwenang dibidang pertanahan kabupaten/ kota setempat mencatat perwakafan tanah yang bersangkutan pada buku tanah dan sertifikatnya. Untuk tata cara pendaftaran wakaf tanah diatur dengan Peraturan Menteri Agama setelah mendapatkan saran dan pertimbangan dari pejabat yang berwenang dibidang pertanahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru