Pengelolaan Wakaf Tiap Negara

Pengelolaan Wakaf Tiap Negara

By

Pertanyaan

Assalamu’alaikum ustadz,

Saya Tama di Koto Tangah, Saya mau tanya ustadz, apakah ketentuan wakaf tiap-tiap negara itu berbeda-beda atau bagaimana Islam mengatur tentang wakaf ini, karena di Indonesia wakaf dikelola oleh BWI dan juga ada undang-undang tentang wakaf ini, tentu dinegara lainnya juga punya undang-undangan tersendiri, mohon pencerahananya ustadz.

______________________________________________________________________________

Jawaban

Wa’alaikumussalam Warahmatulahi Wabarokatuh Tama.

Iya, tiap-tiap negara mempunyai undang-undang tentang wakaf tersendiri. Dinegara timur tengah sudah cukup lama pengelolaan wakaf secara profesional, mengacu ke regulasi yang dibuat oleh negara. Bahkan pengelolaan wakaf diurus oleh kementerian khusus yaitu kementerian wakaf.

Indonesia agak terlambat pengelolaannya secara serius oleh lembaga resmi atau negara. Wakaf di Indonesia lebih banyak dikelola oleh yayasan dan lembaga swasta, cenderung aset dan peluang wakaf yang sangat besar belum terkelola dengan baik.

_____________________________________________________________________________

Informasi
Buat anda yang ingin bertanya tentang wakaf kepada Ustadz H. Mulyadi Muslim, Lc, MA selaku Ketua Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar Risalah. Bisa bertanya melalui
http://waqafarrisalah.or.id/kontak-kami/ atau sosial media kita di Facebook dan Instagram, serta melalui email arrisalahbpw@gmail.com.
Dan Pertanyaan anda nanti akan dijawab dan dibahas langsung oleh ustadz dalam satu postingan khusus di waqafarrisalah.or.id yaitu “Tanya Ustadz”.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru