Sejarah Yayasan Waqaf Ar Risalah

Bermula dari keberangkatan sekelompok pelajar dari Sumatera Barat pada tahun 1990-an ke Jakarta untuk menuntut ilmu di LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab). Pada saat itu muncul gagasan bahwa suatu saat nanti penting didirikan sebuah lembaga pendidikan agama berkualitas tinggi di Ranah Minang. Hal ini disebabkan sekelompok pelajar tadi melihat langsung di lembaga mereka belajar yaitu di Jakarta, bahwasanya perkembangan dunia pendidikan agama Islam yang sudah semakin maju jauh meninggalkan lembaga-lembaga pendidikan serupa di Sumatera Barat. Padahal Sumatera Barat adalah pusat pendidikan agama Islam di Indonesia tempo dulu.

Ide atau gagasan besar ini tetap saja masih tertanam dalam hati para pelajar tadi bahkan berlanjut menjadi berupa kegiatan-kegiatan dakwah dan pendidikan berkala saat para pelajar tersebut pulang liburan ke Sumatera Barat. Dan bahkan saat sebahagian pelajar tadi melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah, komunikasi seputar gagasan besar tadi masih tetap berlanjut.

Akhirnya setelah belasan tahun hanya dalam bentuk gagasan, para pelajar tadi yang sudah memiliki pengalaman beragam sepakat mendirikan sebuah yayasan Islam dengan konsep pengembangan berbasis wakaf ummat islam. Dan karena memang bidang pendidikan adalah bidang pengabdian sangat strategis bagi masa depan ummat, disepakatilah untuk memulai kegiatan Yayasan pada bidang ini.

Maka pada hari Selasa 24 Juni 2003 di Solok Sumatera Barat berdirilah sebuah yayasan dengan nama Yayasan Waqaf AR RISALAH yang terdaftar secara resmi pada pegawai notaris Helmi Darlis No 28 tanggal 24/6/2003. Dan Program pertamanya adalah mendirikan Perguruan Islam Ar Risalah. Kemudian pada tahun 2005 Ar Risalah hijrah ke kota Padang, yaitu di kawasan Air Dingin, Koto Tangah. Dan saat ini Ar Risalah sudah banyak mengembangkan aset wakafnya dibidang sosial, pendidikan dan lainnya.