slot deposit dana slot demo 2024 gratis anti lag slot deposit dana slot deposit dana jos168 20 slot demo gratis 2024 selotgacorku
Tidak Berlebihan dalam Membelanjakan Harta - Waqaf Arrisalah

Tidak Berlebihan dalam Membelanjakan Harta

Share Berita:

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Salah satu sifat terpuji yang dimiliki seorang hamba Allah adalah, bersikap pertengahan dalam masalah membelanjakan harta. Mereka tidak berlebihan dan juga tidak pelit. Karena mereka mengetahui, bahwa Allah SWT akan memintai pertanggungjawaban mereka pada hari kiamat, tentang nikmat yang Allah berikan padanya.

Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al-Furqon: 67)

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak bergerak dua telapak kaki seseorang pada hari kiamat hingga dia ditanya tentang empat perkara, yaitu (1) tentang umurnya untuk apa dia habiskan, (2) tentang ilmunya untuk apa dia amalkan, (3) dan tetang hartanya dari mana dia mendapatkannya dan dalam hal apa dia belanjakan, (4) tentang badannya untuk apa dia rusakkan.” (HR. Tirmidzi)

Ayat dan hadits di atas mengisyaratkan kepada kita, bahwasannya sifat pertengahan dalam menggunakan harta merupakan sifat yang mulia. Mereka tidak pelit dan juga tidak tabdzir (berlebihan), baik kebutuhan yang wajib, maupun kebutuhan tambahan. Mereka meyakini, bahwasannya harta yang dimilikinya akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah SWT di akhirat kelak.

Karakter seperti ini merupakan karakter ‘ibadurrahman. Mereka antusias dalam menggunakan hartanya dalam hal-hal yang wajib, karena itu menjadi kebutuhan bagi mereka. Itulah hal-hal yang menegakkan kehidupan mereka, dan itulah hal-hal yang menjadi bekal dan penolong, serta membantu mereka untuk baiknya kehidupan di akhirat.

Maka inilah kewajiban setiap muslim. Hendaknya mereka pertengahan dalam setiap perkara, tidak berlebihan dan tidak seenaknya. Baik dalam masalah ini atau permasalahan yang lain. Baik itu masalah agama atau masalah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Waqaf Arrisalah