Transformasi Sosial dalam Wakaf

Transformasi Sosial dalam Wakaf

By

Wakaf dapat membawa perubahan ditengah-tengah kita. Tentunya perubahan yang dimaksud ke arah yang lebih baik. Salah satu perubahan tersebut yaitu transformasi sosial yang berarti perubahan diberbagai aspek kehidupan. Hal ini dapat kita ketahui dari makna wakaf itu sendiri, yaitu konsep wakaf “tahan asalnya, bagikan hasilnya”.

Salah satu transformasi yang dapat kita lihat dan rasakan misalnya, disuatu daerah terdapat nazhir yang mengembangkan dan mengelola tanah wakafnya untuk perkebunan. Ketika perkebunan tersebut dalam proses kelola, maka terdapat tenaga kerja yang bekerja disana. Nah, karyawan yang bekerja di perkebunan tersebut sebelumnya merupakan orang yang tidak bekerja atau pengangguran. Maka, disinilah letak letak transformasi sosial itu, dari pengangguran menjadi karyawan.

Setelah itu, hasil perkebunan tadi didistribusikan untuk pinjaman modal usaha. Transformasi pun terjadi lagi dari karyawan perkebunan menjadi pengusaha, bahkan transformasi sosial tersebut terjadi sampai ke elemen terkecil yakni anak-anak dan keluarga si karyawan tadi, bisa mengenyam pendidikan dan lainnya. Indah bukan? Wakaf bisa membawa perubahan sosial ke arah yang lebih baik dan yang pasti pahala akan terus mengalir selama aset wakaf tadi terus diberdayakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru

Sahabat Waqaf

Halo Sahabat waqaf, chat kami untuk info layanan donasi dan waqaf selengkapnya

Customer Service

Rhozy

Online

RhozyKami siap membantu donasi waqaf anda

Assalamualaikum.. Ada yang bisa saya bantu? 00.00