Unsur Lainnya Dalam Proses Wakaf

Unsur Lainnya Dalam Proses Wakaf

By

Didalam proses wakaf, selain wakif, nazhir, ikrar wakaf, mauquf alaih, Akta Ikrar Wakaf (AIW) dan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) juga terdapat unsur lainnya yang berperan penting dalam proses wakaf. Diantaranya sertifikat wakaf uang yang merupakan surat bukti yang dikeluarkan oleh Lembaga Keuangan Syariah (LKS) kepada wakif dan nazhir tentang penyerahan wakaf uang.

Untuk LKS sendiri adalah badan hukum Indonesia yang bergerak dibidang keuangan syariah. Selanjutnya juga terdapat Bank Syariah yang merupakan Bank Umum Syariah. Dan Unit Usaha Syariah dari Bank Umum Konvensional serta Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Kemudian, unsur lainnya adalah penilai publik yang telah memperolah izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa penilaian.

Terdapat juga tim penetapan yang nantinya akan menetapkan keseimbangan nilai dan manfaat tukar menukar harta benda wakaf. Tim ini dibentuk oleh kepala kantor. Kemudian, juga terdapat penilai pertanahan yang nantinya ia akan melakukan penilaian secara independen dan profesional. Penilai tersebut sebelumnya telah mendapatkan izin praktik penilaian dari Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. Wewenang yang diberikan pemerintah kepadanya adalah untuk menghitung nilai/ harga objek pengadaan tanah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru