Unsur-Unsur Wakaf

Unsur-Unsur Wakaf

By

Wakaf sah apabila dilakukan berdasarkan syariah, tentunya didalam proses wakaf harus memenuhi unsur-unsur wakaf. Yaitu adanya wakif atau pihak yang mewakafkan harta benda miliknya, nazhir atau pihak yang menerima, mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf tersebut. Kemudian, ikrar wakaf atau pernyataan dari wakif kepada nazhir saat proses wakaf. Peruntukan harta benda wakaf atau harta benda tersebut diniatkan untuk sesuatu hal yang bermanfaat serta jangka waktu wakaf.

Tentu, jika tidak memenuhi unsur wakaf tersebut, proses wakaf dikatakan tidak sah, kemudian wakaf yang telah diikrarkan tidak dapat dibatalkan. Maka dari itu yang menjadi puncak dari proses wakaf adalah ikrar wakaf dari wakif kepada nazhir.

Selain, unsur-unsur wakaf, di Indonesia juga terdapat Pejabat Pembuat Ikrar Wakaf (PPAIW) yang berwenang untuk membuat akta ikrar wakaf. Dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang merupakan lembaga independen untuk mengembangkan perwakafan di Indonesia.

1 Comment
  1. […] Harta benda yang diwakafkan terdiri dari benda wakaf tidak bergerak dan bergerak. Kemudian, harta benda wakaf yang dapat diwakafkan apabila dimiliki dan dikuasai oleh wakif secara sah. Harta benda wakaf juga merupakan salah satu unsur yang mesti dipenuhi dalam proses wakaf. […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru

Sahabat Waqaf

Halo Sahabat waqaf, chat kami untuk info layanan donasi dan waqaf selengkapnya

Customer Service

Rhozy

Online

RhozyKami siap membantu donasi waqaf anda

Assalamualaikum.. Ada yang bisa saya bantu? 00.00