Wakaf Benda Bergerak Berupa Uang - WAKAF AR RISALAH
Wakaf Benda Bergerak Berupa Uang

Wakaf Benda Bergerak Berupa Uang

Dalam proses wakaf, kita dapat mewakafkan benda bergerak dalam bentuk uang, logam, surat berharga,  kendaraan, hak atas kekayaan intelektual, hak sewa dan benda bergerak lainnya. Dan kali ini kita akan fokus kepada benda bergerak berupa uang.

Wakif dapat mewakafkan benda bergerak berupa uang melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang ditunjuk oleh Menteri Agama. Wakaf benda bergerak berupa uang ini dilakukan oleh wakif dengan pernyataaan kehendak wakif secara tertulis yang nantinya diterbitkan dalam bentuk sertifikat wakaf uang.

Sertifikat wakaf uang akan diterbitkan dan disampaikan oleh Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dalam proses wakaf kepada wakif dan nazhir. Hal ini sebagai bukti penyerahan harta benda wakaf. Lembaga Keuangan Syariah (LKS) atas nama nazhir mendaftarkan harta benda wakaf berupa uang kepada Menteri Agama. Dengan waktu selambat-lambatnya tujuh hari kerja sejak diterbitkannya sertifikat wakaf uang. Dalam pelaksanaan proses wakaf dengan benda bergerak berupa uang mesti mengacu kepada Peraturan Pemerintah.

Berita lainya