Wakaf Benda Tidak Bergerak

Wakaf Benda Tidak Bergerak

By

Selain benda bergerak berupa uang dan selain uang, benda tidak bergerak termasuk juga ke dalam salah satu jenis harta wakaf. Diantaranya hak atas tanah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan baik yang sudah atau yang belum terdaftar. Kemudian, bangunan atau bagian bangunan yang berdiri di atas tanah.

Tanaman dan benda lain yang berkaitan tanah juga masuk dalam kategori harta benda tidak bergerak yang bisa diwakafkan. Selanjutnya hak milik atas satuan rumah susun sesuai dengan prinsip syariah dan Peraturan Perundang-undangan.

Benda tidak bergerak lain juga diperbolehkan tapi tentu mesti sesuai dengan ketentuan prinsip syariah dan Peraturan Perundang-undangan. Dan pada dasarnya harta benda wakaf tersebut memiliki daya tahan lama atau manfaatnya jangka panjang serta mempunyai nilai ekonomi syariah yang diwakafkan oleh wakif.

2 Comments
  1. […] Benda wakaf tidak bergerak berupa tanah hanya dapat diwakafkan untuk jangka waktu selama-lamanya, kecuali wakaf hak atas tanah yang merupakan hak milik atas tanah baik yang sudah atau belum terdaftar. Kemudian, hak guna bangunan, hak guna usaha atau hak pakai di atas tanah negara. […]

  2. […] proses wakaf benda tidak bergerak dan bergerak selain uang. Terdapat juga unsur lainya yaitu notaris. Ia adalah pejabat umum yang […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru