Wakaf dan Pembangunan Ekonomi Umat

By

Ketika berbicara wakaf, mungkin sekilas yang kita pikirkan adalah bersedekah atau memberikan sedekah dalam bentuk tanah, karena seringkali didalam aktivitas kita sehari-hari sering atau pernah mendengar orang mewakafkan tanahnya untuk didirikan sebuah masjid. Namun, jika pelajari lagi, wakaf mempunyai tujuan untuk memanfaatkan harta benda wakaf sesuai dengan fungsinya.

Kemudian, wakaf juga berfungsi untuk mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah serta untuk memajukan kesejahteraan umum. Dengan begitu, tentu wakaf menjadi sarana untuk pembangunan ekonomi umat, karena harta benda wakaf tidak hanya digunakan untuk ibadah, namun juga disektor-sektor lainnya.

Disektor sosial, harta benda wakaf dapat membantu fakir miskin, dhuafa, anak yatim dan lainnya dalam hal pembinaan dan lainnya. Disektor pendidikan, harta benda wakaf dapat digunakan untuk membangun sekolah, perguruan tinggi bahkan lembaga pendidikan non formal lainnya. Nah, dengan begitu, jika, intensitas wakaf disuatu daerah atau negara tinggi ini juga akan meningkatkan perekonomian umat dari semua sektor dan tentu ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemiskinan dan akan membuat maju suatu daerah atau negara.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru