Wakaf dengan Wasiat

Wakaf dengan Wasiat

By

Apakah wakaf dapat dilakukan melalui wasiat? Jawabannya iya. Wakaf dengan wasiat dalam bentuk lisan maupun tertulis dapat dilakukan apabila disaksikan oleh paling sediki 2 (dua) orang saksi yang memenuhi persyaratanya.

Kemudian, saksi dalam wakaf wasiat yang dimaksud mempunyai kriteria dewasa, beragama Islam, berakal sehat dan tidak terhalang melakukan perbuatan hukum. Harta benda wakaf yang diwakafkan dengan wasiat paling banyak 1/3 (satu pertiga) dari jumlah harta warisan. Hal tersebut setelah dikurangi dengan utang pewasiat, kecuali dengan persetujuan seluruh ahli waris.

Yang mesti dipahami adalah wakaf dengan wasiat dilaksanakan oleh penerima wasiat bukan pada pewasiat masih hidup melainkan setelah pewasiat meninggal dunia. Selain itu, yang bertindak sebagai kuasa wakif adalah penerima wasiat dari pewasiat yang telah meninggal dunia. Dan apabila wasiat tidak dilaksanakan oleh penerima wasiat atas permintaan pihak yang berkepentingan. Maka pengadilan dapat memerintahkan penerima wasiat yang bersangkutan untuk melaksanakan wasiat tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru