Wakaf Para Sahabat

Wakaf Para Sahabat

By

Sahabat Rasulullah menjadikan wakaf sebagai kegemaran, hal ini dikarenakan wakaf mempunyai manfaat yang tidak terbatas. Beberapa diantaranya yang cukup dikenal adalah Tanah Khaibar Umar Bin Khatab, ia dikenal teguh dalam menjalankan perintah Rasulullah. Salah satunya terkait dengan tanah yang ia dapatkan di Khaibar. Kemudian ia pergi bertanya kepada Rasulullah untuk mendapatkan petunjuk terkait tanah Khaibar tersebut. Lalu, ia mendapatkan jawaban Rasulullah untuk mewakafkannya dan tapa berat hati Umar mewakafkan tanah tersebut.

Kemudian, Sumur Utsman bin Affan. Yang ketika itu di zaman Rasulullah kota Madinah pernah mengalami kekeringan. Sehingga hal tersebut mengakibatkan masyarakat kekurangan persedian air. Karena itu mereka harus membeli air dari seorang yahudi yang memiliki sumur dengan harga mahal.

Lalu, Rasulullah sangat prihatin dengan kondisi ini dan memberikan tantangan kepada para sahabatnya “Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surgaNya Allah Ta’ala”, (Hadist Riwayat Muslim).

Ustman bin Affan yang mendengar hal tersebut langsung membeli sumur dari yahudi dan diwakafkannya, hingga sekarang hasil wakaf sumur itu masih ada dan bermanfaat bagi masyarakat disekitar sumur tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru

Sahabat Waqaf

Halo Sahabat waqaf, chat kami untuk info layanan donasi dan waqaf selengkapnya

Customer Service

Rhozy

Online

RhozyKami siap membantu donasi waqaf anda

Assalamualaikum.. Ada yang bisa saya bantu? 00.00