Wakaf, Tabungan Akhirat

Wakaf, Tabungan Akhirat

By

Tabungan, mungkin bisa menjadi salah satu parameter seseorang menghadapi masa depan. Kita yang punya tabungan banyak bisa dianggap siap menghadapi berbagai permasalahan di masa mendatang. Contohnya biaya perbaikan kendaraan yang tiba-tiba rusak, biaya obat yang tiba-tiba kita sakit mendadak dan lainnya.

Begitu juga sebaliknya jika kita mempunyai tabungan sedikit, contohnya hanya mempunyai 50 ribu rupiah di rekeningnya, bisa diperkirakan tidak mempunyai kesiapan dalam menghadapi hal tidak terduga di masa depan. Meskipun hal tersebut tidak mutlak seperti itu, karena Allah Maha Baik. Jadi, wajar jika banyak orang berlomba-lomba untuk mengumpulkan uang di tabungan.

Nah, pertanyaaannya sekarang, apakah kita sudah mempunyai tabungan akhirat? karena di dunia ini hanya tempat persinggahan sementara dan akhirat adalah kampung kita. Sudah siapkah kita menghadapi hal yang tidak terduga di masa depan jika ajal menjemput kita? Maka dari itu kita sangat memerlukan tabungan akhirat. Karena ini sangat fundamental dan akan menentukan tempat kita di syurga atau neraka.

Salah satu tabungan yang kita dapatkan didunia dan akhirat adalah wakaf, karena wakaf pahalanya akan terus mengalir selama harta benda yang diwakafkan tersebut dimanfaatkan, meskipun wakif atau yang mewakafkan tersebut telah meninggal dunia. Ini diperkuat dengan sabda Rasulullah SAW yaitu “Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya” (Hadist Riwayat Muslim). Maka dari itu wakaf disebut juga dengan tabungan akhirat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru