Wakaf Untuk Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Wakaf Untuk Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

By

Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, wakaf berpotensi menjadi salah satu medium yang tepat digunakan. Hal ini dikarenakan tujuan dan fungsi dari wakaf itu sendiri. Harta benda wakaf diperuntukan untuk keperluan ibadah, kepentingan dan kesejahteraan umum. Maka, kalau dibagi perbidangnya, wakaf menjadi penopang dan pendukung di bidang keagamaan, pendidikan, layanan sosial dan lainnya. Sehingga bidang-bidang tersebut dapat terus terkelola dengan baik dan berkembang.

Di bidang keagamaan, seperti pembangunan masjid, penerbitan Al Qur’an dan lainnya. Di bidang pendidikan, seperti pendirian sekolah, perguruan tinggi dan lainnya. Selain itu, untuk layanan sosial wakaf juga menjadi penopang untuk pendirian rumah yatim, radio, klinik dan lainnya. Contoh-contoh tersebut hanya sebagian kecil dari aplikasi wakaf dalam kehidupan sehari-hari.

Jika diimplementasikan dalam kenegaraan. Maka, wakaf mampu memperkuat stabilitas keuangan nasional. Apalagi sekarang sedang digencar-gencarkan sosialisasi wakaf uang. Setelah uang yang diberikan oleh wakif untuk diwakafkan terkumpul. Selanjutnya didepositokan yang kemudian hasil dari deposito tersebut baru digunakan untuk kepentingan umat sesuai dengan peruntukannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru