Yang Terlibat Dalam Proses Wakaf

Yang Terlibat Dalam Proses Wakaf

By

Apakah kamu sudah tau siapa saja orang yang terlibat dalam proses wakaf dan apa-apa saja perannya? Nah, kali ini kita akan membahasnya, karena didalam proses wakaf terdapat wakif dan nazhir serta saksi. Wakif adalah pihak yang mewakafkan harta benda miliknya. Kemudian nazhir adalah pihak yang menerima harta benda wakaf tersebut untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan yang telah diperuntukannya. Dalam proses wakaf, selanjutnya juga ada saksi yang akan menjadi saksi ikrar wakaf dari wakif kepada nazhir.

Untuk di Indonesia sendiri terdapat Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) yang ditetapkan oleh Menteri Agama. Dan mempunyai kewenangan untuk membuat akta ikrar wakaf, selanjutnya terdapat juga Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang merupakan lembaga independen untuk mengembangkan perwakafan di Indonesia.

Saat ini negara kita sudah banyak terdapat lembaga yang berperan sebagai Nazhir untuk mengelola dan mengembangkan aset wakaf, salah satunya bisa ke Badan Pengelola Wakaf Ar Risalah untuk mewakafkan harta benda milik kita.

2 Comments
  1. […] yang mengalir terus dalam berwakaf, tidak hanya didapatkan oleh individu-individu yang terlibat langsung dalam proses wakaf, akan tetapi juga akan didapatkan manfaatnya secara tidak langsung oleh masyarakat. Hal ini […]

  2. […] dirasakan oleh wakif dan nazhir saja, akan tetapi juga dirasakan oleh setiap orang yang tersentuh proses wakaf. Diantara manfaatnya adalah menggerakkan perekonomian, menjadi motor pertumbuhan peradaban dan […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Terbaru