Kuasai Aplikasi Sistem Akuntansi dan Manajemen Wakaf (SAMAWI), Yayasan Waqaf Ar Risalah Semakin Mengokohkan Diri menjadi Lembaga Wakaf Model di Sumatera Barat

Share Berita:

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Jakarta – Pjs. Ketua Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar Risalah, H. Rahimul Amin, Lc., M.A baru saja menyelesaikan pelatihan dan sertifikasi penggunaan Aplikasi Sistem Akuntansi dan Manjemen Wakaf atau sering disebut dengan SAMAWI dengan prediket “kompeten”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Wakaf Indonesia (LSP-BWI) ini diselenggarakan di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat pada tanggal 26-29 Desember 2023 lalu.

Sebagai informasi, aplikasi SAMAWI merupakan aplikasi pelaporan keuangan Nazhir wakaf, dimana dengan penggunaan aplikasi ini akan mempermudah nazhir dalam pencatatan wakaf baik berupa aset tidak bergerak maupun aset bergerak, termasuk wakaf uang (tunai).

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Nazhir Wakaf yang diikuti oleh H. Rahimul Amin, Lc., M.A

Menurut Pjs. Ketua BPW  Ar Risalah tersebut, saat ini  Yayasan Waqaf Ar Risalah semakin mengokohkan dirinya menjadi lembaga wakaf model di Sumatera Barat. Terutama karena Yayasan sudah memiliki sekitar 13 nazhir wakaf yang kompeten dan bersertifikasi nasional. Dimana tiga orang diantaranya yaitu H. Rahimul Amin. Lc., M.A., Mira Desvita, S.E, Akt. dan Leni Susanti, S.E. Mereka telah lulus dalam sertifikasi Skema 10 yang berkaitan dengan keahlian pengoperasian aplikasi SAMAWI.

Selain sejumlah nazhir kompeten tersebut, Yayasan Waqaf Ar Risalah juga memiliki dua orang SDM sebagai Asesor Wakaf Nasional. Mereka yaitu H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., M.A selaku Ketua Yayasan Waqaf Ar Risalah dan Mira Desvita, S.E, Akt., selaku Bendahara Yayasan Waqaf Ar Risalah yang sekaligus juga sudah dinobatkan sebagai asesor dalam penguasaan aplikasi SAMAWI.

“Semoga dengan bertambahnya SDM kompeten berskala nasional di bidang wakaf ini dapat menjadikan Yayasan Waqaf Ar Risalah sebagai nazhir wakaf yang lebih profesional dan transparan dalam pengelolaan aset wakaf, demi tercapainya kemaslahatan umat yang lebih luas  khususnya di Ranah Minang, “, unggkap harapan Pjs. BPW Ar Risalah. [nmk]

Waqaf Arrisalah