Tentang Kami - WAKAF AR RISALAH

Tentang Kami

 

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokatuh.

Salam Wakaf untuk kita semua. Rasa syukur dan bahagia semoga Allah curahkan kepada kita. Alhamdulillah dengan izinNya portal waqafarrisalah.or.id bisa diluncurkan kehadapan kita semua.

Kebutuhan umat terhadap informasi yang komprehensif tentang konsep wakaf secara teoritis dan aplikatif serta kemudahan dalam berwakaf sangat penting. Namun karena kesibukan dan tuntutan zaman, hal tersebut belum dapat terpenuhi dengan baik. Oleh sebab itu, penyajian media tentang wakaf dengan bahasa yang renyah dan ringan serta kepraktisan dalam berwakaf menjadi suatu kemestian. Maka, Waqafarrisalah.or.id ingin menjawab tantangan tersebut.

WaqafArrisalah.or.id berdiri sejak Kamis, 11 April 2019 dan di resmikan oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP pada Jum’at, 3 Mei 2019 di Ruang Taman Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang dalam Acara Semarak Ramadhan kota Padang 1440 H/ 2019 M.

Portal Wakaf ini merupakan milik Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar Risalah Sumatera Barat. Bertujuan sebagai pusat pengetahuan, informasi, dan berita terupdate seputar wakaf bagi masyarakat di tingkat Regional, Nasional, bahkan Internasional dengan segmentasi untuk semua kalangan. Selain itu, juga sebagai wadah untuk memudahkan masyarakat dalam berwakaf.

Kemudian, BPW Ar Risalah adalah Badan Pengelola Wakaf dan merupakan badan otonom dari Yayasan Waqaf Ar Risalah.  Sedangkan, wakaf tersebut adalah harta benda milik kaum muslimin yang mereka amanahkan kepada Yayasan Waqaf Ar Risalah untuk dikelola dan dikembangkan. Itu semua untuk kepentingan kaum muslimin itu sendiri, baik untuk sektor pendidikan, dakwah, bahkan ekonomi dan ketahanan keluarga.

BPW  Ar Risalah sudah melihat bukti langsung betapa dahsyatnya kekuatan Wakaf jika terkelola dengan baik. Sebab saat ini berdiri  Perguruan Islam Ar Risalah di Kota Padang. Perguruan tersebut berada di atas tanah wakaf seluas 10 hektar, dengan  bangunan kelas, asrama dan kantor permanen. Itu semua adalah wakafnya kaum muslimin yang diserahkan dan dikelola oleh Yayasan Waqaf Ar Risalah melalui BPW Ar Risalah.

Dan syukurnya lagi, pendidikan formal tingkat SLTP dan SLTA di perguruan ini sangat diminati oleh masyarakat dengan jumlah pendaftar setiap tahun yang selalu 4 kali lebih besar dari daya tampungnya, Alhamdulillah.

Hal ini membuat kami sangat termotivasi untuk 2 hal. Pertama, mengelola asset waqaf lebih profesional lagi dan lebih optimal dalam capaian dan pemanfaatan. Kedua, mengedukasi masyarakat untuk lebih memahami apa dan bagaimana itu wakaf, dasar perintahnya dari Allah SWT, tujuan, rukun dan tata cara pelaksanaannya.

Kami mohon dukungan doa dan upaya dari kita semua. Agar cita-cita menjadikan BPW Ar Risalah menjadi rujukan aktivitas berwakaf di Sumatera pada tahun 2030 dapat terwujud, Aamiin.

Portal ini diharapkan menjadi media informasi, sekaligus pertanggungjawaban publik Yayasan Waqaf Ar Risalah dalam mengembangkan pendidikan yang berkualitas, karena pengelolaannya berasal dari dana wakaf umat.
Masukan dan saran dari pembaca menjadi penyemangat kami dalam mengelola web ini. Salam wakaf untuk kita semua, kebaikan tiada henti, pahala terus mengalir.

Tertanda

H. Firman Bahar, Lc

(Ketua Badan Pengelola Wakaf (BPW) Ar Risalah Sumatera Barat)