Peletakan Batu Pertama Ar Risalah 2 di Airpura Disambut Positif Masyarakat

Share Berita:

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email
Sukses menjadi lembaga pendidikan yang besar dan terdepan, Perguruan Islam Ar Risalah Padang, Sumatera Barat, kini melebarkan sayapnya ke Pesisir Selatan. Hal tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama Perguruan Islam Ar Risalah 2 di Airpura, Pesisir Selatan, oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi, Ahad (23/1/2022).
Ketua Dewan Pembina Yayasan Raudhatul Risalah, Drs. Ali Badri, MM., mengungkap kronologi singkat berdirinya Ar Risalah 2. Ia menyampaikan cita-cita akan hadirnya lembaga pendidikan Islam yang berkualitas di daerah itu. Sehingga ia dan keluarga sepakat mewakafkan lahan yang dimilikinya untuk pendirian lembaga pendidikan.
“Alhamdulillah, cita-cita ini disambut baik oleh Ar Risalah. Meskipun di bawah naungan yayasan yang berbeda, tapi untuk pengembangan pendidikan sepenuhnya satu sistem dengan Perguruan Islam Ar Risalah Padang,” ungkap Haji Ali Badri.
Lebih lanjut ia berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sehingga terwujudnya apa yang dicita-citakan.
“Yayasan ini adalah yayasan wakaf, semua asetnya adalah wakaf umat, oleh karena itu kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut serta berwakaf. Untuk akses jalan sudah didapat dari wakaf pula, untuk itu kita minta dukungan dari pemerintah provinsi maupun Pemkab Pessel untuk membantu pembangunan jalan,” pintanya.
Sementara itu Pengawas Yayasan Waqaf Ar Risalah, H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed., mereview kembali perjalanan panjang Perguruan Islam Ar Risalah sejak tahun 2004 hingga hari ini.
“Alhamdulillah, hari ini Perguruan Islam Ar Risalah sudah memiliki lembaga pendidikan lengkap mulai PAUD hingga perguruan tinggi,” ungkap Ustadz Irsyad Syafar.
Ia mengucapkan terimakasih kepada H. Ali Badri yang sudah mewakafkan tanah seluas 8 hektare untuk pembangunan perguruan ini. Ia berharap dari pesantren ini nantinya akan lahir generasi-generasi terbaik yang membawa keberkahan.
“Kita berharap InsyaAllah 10 tahun ke depan, dari Nagari Hilalang Panjang, Kecamatan Airpura ini akan hadir para penghafal Al Qur’an, para intelektual, yang akan mengharumkan nama Pesisir Selatan, dan Sumatera Barat,” pungkasnya.
Peletakan Batu Pertama Ar Risalah 2 di Airpura Disambut Positif Masyarakat (2)
Apresiasi juga diberikan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt. Rudi Haryansyah. Ia meyakini kehadiran Ar Risalah 2 ini akan berdampak positif pada pembentukan karakter para generasi muda.
“Kita melihat kurikulum yang akan dikembangkan sangat bagus. Menanamkan karakter dan kebiasaan hidup yang baik bagi anak-anak. Mudah mudahan apa yang kita cita-citakan terwujud dan diberkahi,”
Apresiasi serupa juga diberikan oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi, SP. Dt. Marajo. Menurutnya bertemunya niat baik antara donatur dengan pengelola pendidikan (Ar Risalah) akan membawa perubahan positif bagi daerah ini.
“Terima kasih kepada Perguruan Islam Ar Risalah yang telah bersedia membuka cabang di Airpura, Pesisir Selatan. Dan juga terimakasih kami sampaikan kepada bapak Drs. Ali Badri beserta keluarga besar yang telah mewakafkan tanahnya untuk pendidikan,” ungkapnya.
Gubernur Mahyeldi juga menceritakan, kehadiran Ar Risalah telah menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. Hal tersebut berdasarkan pengamatannya sejak awal berdiri dan berkembangnya pesantren Ar Risalah di Kota Padang.
“Sudah terbukti, sejak kehadiran Ar Risalah di Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Padang, membawa efek pertumbuhan daerah itu sendiri, dalah satunya di sektor perekonomian. Dan kita berharap sekian tahun ke depan hal yang sama juga terjadi di Nagari Hilalang Panjang ini,” ungkapnya.
Lebih dari itu, Gubernur Mahyeldi juga mengharapkan hadirnya cahaya keberkahan, dan do’a dari seluruh penduduk langit bagi daerah ini, berkat kehadiran para penghafal Al Qur’an dan shalat berjamaah yang terus didirikan.
“Kita juga berharap daerah ini nantinya juga akan menjadi salah satu tujuan pendidikan, tidak hanya bagi putra-putri Pessel, tapi juga bagi daerah tetangga. Jadi kita harapkan dukungan penuh dari Bapak Wakil Bupati, dan semua pihak yang ada,” harapnya.
Dalam kesempatan itu Mahyeldi juga memuji Pemuda Pancasila yang hadir dan proaktif dalam kegiatan ini. Bahkan korps loreng orange tersebut proaktif melakukan pengamanan sepanjang jalannya acara.
Peletakan batu pertama Ar Risalah 2 Airpura mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Hal tersebut terlihat dari antusiasnya warga yang hadir menyaksikan, termasuk respon positif dari tokoh masyarakat.
Sederetan tokoh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Irsyad Syafar, Lc., M.Ed., Anggota DPRD Sumbar, H. Mochlasin, S.Si., Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt. Rudi Hariyansyah, anggota DPRD Pesisir Selatan, Aljufri, SH.MH., dan Ronaldi, Amd., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Salim Muhaimin, S.Pd, M.Si, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Pessel, H. Sudirman, S.Ag. Camat Airpura, Susmiati, S.Sos., Muspika Kecamatan Airpura dan Pancung Soal, beserta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.
Juga hadir Pembina Yayasan Wakaf Raudhatul Risalah, Drs. H. Ali Badri, MM., H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA., H. Kamrizal, Lc., MA., dan H. Firman Bahar, Lc., beserta jajaran pengurus Yayasan Wakaf Raudhatul Risalah. Selain itu juga turut hadir pengurus Yayasan Waqaf Ar Risalah dan Pimpinan Perguruan Islam Ar Risalah beserta jajaran.
Perguruan Islam Ar Risalah 2 berlokasi di Nagari Hilalang Panjang, Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dalam pengelolaannya berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Raudhatul Risalah.
Pembukaan kampus 2 di ‘Ranah Pasisie’ ini bertujuan untuk menjawab keinginan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan berkualitas bagi putra-putri mereka.
“Kita merasakan besarnya harapan masyarakat untuk bisa mendapatkan peluang bagi putra-putri mereka mengenyam pendidikan di Ar Risalah. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pendaftar Ar Risalah setiap tahunnya. Sehingga kita memutuskan untuk membuka kampus Ar Risalah 2, yang merupakan pengembangan dan masih merupakan satu kesatuan dengan Perguruan Islam Ar Risalah yang saat ini sudah eksis di Padang,” papar Ketua Yayasan Raudhatul Risalah, Evan Djohar.
Lebih lanjut Evan menjelaskan, untuk tahun pertama di tahun ajaran 2022-2023 ini, Ar Risalah 2 membuka 2 lokal untuk tingkat SMP khusus putra. Sementara untuk kurikulum dan sistem pembinaan akan menerapkan pola yang sama dengan Ar Risalah Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Lainya

Waqaf Arrisalah